Jumat, 06 Januari 2012

Pulau Sempu

Pantai Segara Anakan


Pantai Sendang Biru


Pulau sempu terletak di sebelah selatan pulau jawa yang langsung berbatasan dengan samudra Hindia. Tepatnya di Kecamatan Sumbermanjing wetan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Butuh waktu 3jam dari kota malang untuk sampai ke pantai Sendang biru. Menelusuri bukit demi bukit, masuk keluar hutan, dengan irama jalanan yang berkelok-kelok naik turun. Sendang biru adalah pantai, dimana tempat akses untuk menyeberang ke pulau sempu (semacem pelabuhan). Pulau yang luasnya sekitar 887hektar itu tidak berpenduduk. Hanya hutan berbukit yg sebagian besar adalah hutan mangrove.


Tracking pulau sempu


 Untuk dapat menyeberang ke pulau sempu dapat menggunakan perahu nelayan yang udah disediakan, dan pastinya tidak gratis. Untuk dapat menyeberang pun tidak asal nyebrang, harus ada perizinan terlebih dahulu dari resort konservasi wilyah pulau sempu atau nama kerenya pulisi hutan. Tidak sembarangan orang dapat menyeberang ke pulau sempu, dikarenakan pada dasarnya pulau sempu bukan tempat wisata, melainkan cagar alam yang dilindungi pemerintah. Hanya orang-orang tertentu saja yang boleh masuk, seperti akan melakukan penelitian atau dari pecinta alam yang melakukan diklatsar. Tetapi karena keindahan dan keeksotikanya, semua orang ingin berbondong-bondong menyeberang dan melihat pantai segara anakan, salah satu pantai yang meracuni orang untuk datang. Pulau sempu memiliki banyak pantai, tapi memang tidak salah pantai segara anakan menjadi tujuan utama di pulau sempu.

Survival


Untuk sampai di pantai segara anakan membutuhkan waktu sekitar 3jam perjalanan dan harus jalan kaki, mengingat tidak ada rumah penduduk, hotel, restoran apalagi warung makan, hanya ada hutan dan hutan. Bawa stok makanan yang banyak, lebih-lebih air minum. Dan jika ingin menginap di pantai sendang biru persiapan juga harus semaksimal mungkin. Kondisi jalan yang jelek juga menghambat perjalanan menuju pantai segara anakan. Setelah menempuh jalan yang naik turun, banyak rintangan seperti sungai, pohon tumbang, becek ngga ada ojek pula. Baru kita dimanjakan dengan pantai yang amat indah, jauh dari kebisingan kota, jauh dari polusi, suasana pantai yang tenang, air yang jernih dapat kita temukan disini. Pantai segara anakan, pengorbanan yang tidak sia-sia jalan kaki 3jam lamanya. Pantai yang dikelilingi bukit-bukit dengan ombak yang tenang. Bukit yang berlubang besar di tengahnya, tempat masuknya air laut yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik-percik air, suara ombak yang menghantam karang membentuk nada-nada yang enak didengar. Sebagian air itu mengalir masuk ke segara anakan. Itulah yang membuat ombak pantai segara anakan tenang.
Di atas Bukit


3 komentar:

  1. aseeeekkkk! suka deh eike bhooo :P
    ngajak" sih

    BalasHapus
  2. Rempong deh yey.

    oleh2 kudus wooy, bikin cerita kek diatas.
    buat jurnal kita ntar.
    yo yo yo...

    BalasHapus
  3. mantab man... tarikkk...
    gkgkgk

    BalasHapus