Kamis, 19 Januari 2012

Gunung Bromo

Taman Nasional Gunung Bromo
Berjualan

Jawa Timur mempunyai sederetan pegunungan yang aktif, diantaranya yang terkenal akan obyek wisatanya. Gunung Bromo yang terletak di tengah antara Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang memiliki keindahan yang tidak dapat ditemukan dipegunungan lain. Sekitar 10km persegi luas hamparan pasir yang membahana mengelilinginya. Matahari yang mulai menampakan wajahnya, awan dan kabut tebal serta keindahan puncak gunung semeru dapat disaksikan bersama.

Berkuda
Suku tengger, penduduk asli gunung bromo mayoritas beragama hindu. Menurutnya gunung bromo berasal dari bahasa Sansakerta yakni Brahma yang berarti dewa pencipta, yang termasuk Dewa utama Hindu. Setiap bulan ke sepuluh dalam penanggalan Jawa sekitar tanggal 14 atau 15, suku tengger melakukan upacara untuk memohon panen atau meminta tolak bala dengan cara melemparkan sesaji ke kawah Gunung Bromo atau yang biasa disebut dengan upacara Kasodo.

Wisata Gunung Bromo menawarkan berbagai fasilitas untuk dapat pengunjung nikmati bersama sejuknya udara Gunung Bromo. Ada banyak penginapan yang ditawarkan dari kelas bawah sampai kelas berbintang. Untuk dapat berkeliling sekitar kawasan Gunung Bromo juga banyak yang menawarkan mobil jeep atau hanya berkeliling disekitar lautan pasir, persewaan kuda banyak dijumpai yang tentunya tidak gratis. Makanan pun banyak dijumpai disekitar Gunung Bromo dengan harga yang relatif.
Kawah Bromo




2 komentar:

  1. ai suka you punya poto. lanjutkan you punya hobby semoga dapat job menarik dan menghasilkan pendapat for you punya kantong.
    tabik.

    BalasHapus